Saturday, July 9, 2011

Ganti Chanel Anda Sekarang Juga!


Televisi merupakan media informasi yang paling nyaman dan mudah. Berbeda dengan internet maupun koran. Tidak ada usaha ataupun kemampuan khusus yang dibutuhkan oleh kita untuk menonton televisi. Tinggal duduk diam, bahkan yang mau berdiri, tiduran, telentang, tengkurep pun bisa. Dampaknya adalah, televisi menjadi media yang sementara ini paling banyak dinikmati di seluruh dunia. Artinya, televisi menjadi media yang paling strategis untuk mempengaruhi mindset yang menonton.

Hal yang berbahaya adalah pembodohan yang dilakukan oleh televisi pada masyarakat Indonesia. Tontonan yang diberikan hanya tentang hiburan, mengekspose rasa iba, atau hal-hal yang tidak penting.

Akibatnya, para penonton dibuai oleh rasa tenang, nyaman, dan nikmat. Tidak ada rangsangan untuk berbuat sesuatu setelah menonton acara-acara tersebut. Akhirnya ya hanya pasif2 saja. Nonton tv pasif, setelah itu masih pasif juga. Dungsak..!!

Perbedaan ini mungkin juga membuat mindset kita berbeda dengan orang-orang barat di sana.

Di sana mereka (para bule itu) disuguhi tayangan yang penuh dengan curiosity(rasa ingin tahu). Seperti tentang penelitian yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dari penelitian yang serius sampai penelitian yang hanya lucu2an saja, hehe. Tapi semua itu berdampak bagus sekali terhadap rasa keingintahuan mereka. Mereka selalu berfikir bahwa pasti selalu ada kemungkinan.

Akhirnya, ada hal2 aktif yang mereka lakukan setelah menonton tv. Mereka mencoba meneliti atau menciptakan hal baru.

Mungkin inilah yang membuat kita belum bisa bikin Blackberry made in Indonesa. Hehe...:D

So hati-hati dengan channel televisi yang anda tonton atau matikan saja TV nya.

7 comments:

  1. Udah kagak pernah nonton TV Om...
    :malu:

    ReplyDelete
  2. ga pernah apa ga punya TV?:D
    bercanada bro..
    tapi itu malah lebih bagus..wkwkwwk

    ReplyDelete
  3. Halo Danaar entreee, haha..
    beberapa minggu yg lalu, aku dateng ke launching bukunya temen kita dari kecepit mbak febryany wulansary dkk, judulnya 'dosa-dosa televisi' haiyaaa frontal sekali. menguak hal hal yg dianggap tabu menjadi layak untuk diperbincangkan. tentang tontonan TV indonesia. sudah mengerikan.rawk!

    ReplyDelete
  4. pras: hehe...

    Alela: wah hebat sekali Mba Wulan yang dari kecepit itu...hehe....televisi memang banyak berbuat dosa..hehe

    ReplyDelete
  5. Ini televisinya ato acaranya?
    Wkwkwkwkkk...!!!

    ReplyDelete
  6. oya maaf salah sebut, maksud saya acaranya........hehe..

    ReplyDelete