Saturday, July 9, 2011

Pancingan atau Ikanya?


Luar biasa. Yang namanya pengusaha ya tetap pengusaha, baik dari tindakan, perkataan, dan pikiran. Malam ini, ada pelajaran yang sangat bagus yang saya dapatkan dari Rotarian Agus Pringsewu tentang kewirausahaan.

Malam ini, saya meminta bantuan kepada Rtn Agus untuk memotong harga sewa tempat di rumah makan putra beliau. Awalnya, kami hanya berfikir bahwa beliau akan memberikan potonga harga secara Cuma-Cuma. Namun dasarnya pengusaha, beliau hanya memberikan setengah dalam bentuk fresh money dan sisanya dalam bentuk voucher.

Setelah itu, saya beritahukan ke temen2 panitia yang lainnya, mereka terkejut seolah2 tidak setuju dengan opsi voucher. Saya juga merasa begitu. Hemm....

Ternyata yang paling mengejutkan adalah jawaban beliau setelah saya sms mengapa kami dikasih potongan harga dalam bentuk voucher. Rtn Agus said “iya, itu ide saya untuk memberikan potongan dalam bentuk voucher biar Mas Danar bisa berlatih untuk menjadi Entrepreneur sejati, pasti bisa lah..sukses!!”

Wah, memang benar-benar asik pemikiran beliau. Kita analogikan seperti memberi pancingan kepada anaknya ketimbang hanya memberikan ikannya. Mana yang lebih penting menurut anda, pancingan atau ikanya?haha..

2 comments: